Kambing qurban

Ibadah Qurban

Mekkah
Sumber:pixabay.com

Assalamu’alaikum wr.wb

hallo sahabat beriman tidak terasa sentar lagi kita sebagi umat islam akan merayakan hari raya idhul adha. Kita pastinya sering mendengar tentang hari raya idul adha bukan? Yap, hari raya idul adha atau qurban juga sering disebut dengan hari raya haji yaitu hari raya untuk  menyembelih hewan qurban yang bertujuan agar mendekatkan kepada Allah SWT.

Hari raya ini biasanya diperingati setiap tanggal 10 bulan Zulhijjah atau kurang lebih tepatnya 70 hari setelah hari raya Idhul Fitri.

Setiap hari raya idul adha pastinya sering menyembelih hewan qurban karena hukum menyembelih hewan qurban itu hukumnya Sunnah muakad. Selain itu, kita juga diperintahkan jelas untuk berqurban seperti yang tertera di didalam quran surat Al Kautsar ayat 1- 3:

إِنَّآ أَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ :١ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ :٢ إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ :٣

“Sesungguhnya Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Allah, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)”.(QS Al Kautsar 1-3).

Selain surat Al Kautsar Allah SWT juga berfirman di dalam surat Al-Hajj Ayat 34 :

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلْأَنْعَٰمِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ فَلَهُۥٓ أَسْلِمُوا۟ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُخْبِتِينَ

Terjemah Arti: Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),

Untuk hewan qurban yang diperbolehkan ialah Sapi (kerbau), Unta, kambing/domba yang jantan dan telah berumur. Bukan hanya itu saja bagi para pekurban pun harus sudah memenuhi persyaratan untuk qurban agar kita mendapatkan ridho dari Allah SWT dan ibadah tersebut dapat berjalan. Kita setiap melakukan perbuatan baik pastinya selalu menginginkan manfaat bagi kita ataupun orang lain.

Manfaat Berqurban :

hewan qurban
Sumber:pixabay.com

1. Mensucikan Rezeki

Harta yang kita miliki tidak sepenuhnya miliknya sehingga bagi orang yang mampu setidaknya diusahakan untuk berqurban guna untuk menyucikan harta yang kita miliki.

Berqurban juga merupakan sedekah dikarenakan pada saat kita membeli hewan dan setelah dipotong dan daging tersebut dibagikan kepada warga dan dinilai sebagai sedekah.

2. Bermanfaat sebagai penebus dosa untuk mendapatkan pengampunan darinya

Setiap kita melakukan perbuatan baik pastinya akan mendapatkan pahala dan begitu juga sebagai penebus dosa yang kita telah perbuat karena kita sebagai manusia pastinya tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Maka dari itu Insyallah dengan kita melakukan ibadah qurban dapat menebus kesalahan yang telah kita lakukan.

3. Meneladani kesabaran dan keteladanan nabi Ibrahim

Meneladani sifat nabi Ibrahim karena kita harus mengorbankan sesuatu yang sangat kita cintai. Yaitu harus mengorbankan nabi Ismail melalui mimpinya untuk dikurbankan namun dengan keikhlasnnya akhirnya Allah pun ganti nabi Ismail itu dengan seekor domba.

5. Menjauhkan diri dari sifat tamak

Berqurban juga mengajarkan kita untuk tidak menjadi pribadi yang tamak atau serakah karena dengan berkurban artinya kita saling berbagi sesama dan artinya kita terhindar dari sifat tamak.

6. Menjaga tali silaturahmi

Ternyata berkurban juga bisa membuat silaturahmi kita makin erat dikarenakan kita saling membantu dalam merawat daging yang akan dibagikan kepad warga.

Baca Juga : Pentingnya memiliki Sifat jujur

Kisah dibalik Qurban :

Dibalik suka cita hari raya Idul Adha ternyata menyimpan kisah kesedihan yang dialami pada usia remaja oleh Nabi Ismail yang hampir disembelih oleh ayahnya yaitu Nabi Ibrahim as melalui mimpinya.

Dan mimpi seorang nabi adalah salah satu dari cara-cara turunnya wahyu Allah, maka perintah yang diterimanya dalam mimpi itu harus dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim.

Suatu hari, ayahnya membicarakan tentang mimpi yang berulang kali ia dapati tersebut kepada Nabi ismail. Setelah mendengar penjelasan dari ayahnya Ismail berkata “Ayah, jika itu memang perintah Allah, maka lakukan lah. Aku sama sekali tidak keberatan. Insyaallah engkau akan mendapati aku sebagai orang yang sabar. Jangan sampai perasaan sayangmu kepadaku membuatmu mengabaikan perintah Allah”

Setelah itu pun nabi Ibrahim membawa Ismail ke atas bukit dan merebahan tubuhnya diatas batu. Dan Nabi Ibrahim menghunus pedangnya sambil menutup matanya, ia menggerakan pedangnya ke leher Ismail dan akhirnya mukjizat pun terjadi.

Nabi Ibrahim mendengar suara domba dan ia pun langsung membuka matanya dan akhirnya yang ia sembelih ternyata diganti dengan domba dan Nabi Ismail pun berada disebelahnya. Maka dari itu, dari peristiwa tersebut menjadi peristiwa untuk kita agar melaksanakan ibadah qurban.

Namun kita berkurban juga harus memenuhi persyaratannya entah itu syarat untuk yang berkurban atau syarat hewan yang dikurbankan agar menjadikan peristiwa tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT.

Syarat untuk hewan yang diberbolehkan untuk berkurban yaitu :

Hewan Ternak
Sumber:pixabay.com
  1. Hewan ternak

Hewan yang sebaiknya digunakan untuk kurban ialah hewan ternak atau hewan yang dirawat misalnya Sapi, Kambing atau Domba, dan Unta.

2. Jantan

3. Sudah berumur  (untuk unta minimal 6 tahun, sapi dan kerbau 3 tahun dan domba 1 tahun )

Menurut yang terdapat di umma.id umur hewan qurban yang lebih baik yaitu seperti pada hadis dibawah ini :

عن جابر قال رسول اﷲه صلی ﷲ عليه وسلم لا تذبحوا الا مسنۃ الا ان

يعسر عليكم فتذبحوا جذعۃ من الضان

Dari Jabir, beliau mengatakan: Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah kalian menyembelih kecuali hewan musinnah (unta berumur lima tahun lebih atau sapi berumur dua tahun lebih atau kambing berumur setahun lebih)  kecuali jika kalian kesulitan, maka kalian boleh menyembelih domba jadza’ah (berumur enam bulan lebih dan kurang dari setahun).” (HR. Muslim)

4. Hewan milik sendiri

Sebaiknya hewan yang dijadikan kurban ialah hewan milik sendiri atau baru saja beli dan yang terpenting hewan tersebut halal bukan hewan hasil curian agar syratnya sah.

5. Tidak cacat

Seperti yang terdapat dalam rumaysho.com dalam hadis nomor 1359 disebutkan,

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا  وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان َ

Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, “Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: (1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, (2) sakit dan tampak jelas sakitnya, (3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” Dikeluarkan oleh yang lima (empat penulis kitab sunan ditambah dengan Imam Ahmad). Dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

Kita melaksanakan qurban juga harus mempunyai niat agar mendapatkan ridha dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Jika kita berqurban hanya untuk ikut ikutan orang lain atau hanya untuk niat riya maka kita tidak akan mendapatkan pahala dan akan menjadi sia-sia. Maka dari itu kita harus landasi dengan niat yang baik kepada diri kita sendiri.

Setelah kalian membaca artikel dari kami ini semoga kalian dapat memahami apa arti Qurban, manfaatnya, kisah awal mula kurban dan syarat hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan.

Jika ada kata kata yang kurang atau berlebihan dalam menyampaikan kami minta maaf.

Sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kita dan menjadi pengetahuan baru.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *