membaca al-Qur'an

4 Keutamaan Membaca surat Al-Kahfi

keutamaan
Sumber:pixabay.com

Keutamaan Surat Al Kahfi – Al Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain menjadi kitab suci Al qur’an juga menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin.

Al Qur’an merupakan kitab suci ke empat setelah Zabur, Taurat dan Injil. Turunnya wahyu pertama al qur’an kepada Nabi Muhammad ialah di Gua Hira melalui malaikat Jibril. Wahyu yang pertama kali turun ialah surat al alaq ayat 1 – 5 yang berarti bacalah.

Al Qur’an terdiri dari 30 juz 114 surat dan 6666 ayat yang didalamnya berisi tentang akidah atau tauhid, akhlak, muamalah, kisah atau tarikh dan ibadah.

Selain itu, Al qur’an juga mempunyai nama lain. nama lain tersebut dibagi menjadi 5 yaitu : Al Furqon yang mempunyai arti pembeda yang bermakna membedakan yang hak dan yang batil.

Yang kedua yaitu As Syifa yang mempunyai arti penawar atau obat penenang hati. Jadi jika kita sedang bersedih dan kta membaca al qur’an insyaalah kita akan terobati.

Dan untuk yang ketiga yaitu Al huda yang berarti petunjuk dan yang keempat Al Kitab yang berarti Firman allah atau sebagi pedoman hidup umat muslim.

Yang terakhir yaitu Al Zikr atau peringatan jadi didalam al qur’an kita sebagi manusia yang tidak luput dari dosa akan ada peringatan dari Allah.

Dari berbagai banyaknya surat al qur’an pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat atau keutamaan dari kita membaca surat Al kahfi.

Surat Al Kahfi adalah surah ke-18 dalam Al-Qur’an, Surah ini terdiri atas 110 ayat, termasuk golongan surah Makkiyah. Dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Penghuni-Penghuni Gua.

Keutamaan kita membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at ialah seperti yang tertera dalam hadits berikut: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah.” (HR. Ad Darimi)

Sedangkan keutamaan kita membaca pada hari Jum’at ialah: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i ) selain itu, ternyata masih banyak lagi manfaat dari membaca surat Al Kahfi.

Berikut merupakan keutamaan dari kita membaca surat Al Kahfi :

1. Menghindari diri dari fitnah Dajjal

Kita sebagi umat muslim pastinya sudang tidak asing lagi terdengar ditelinga kita mengenai Dajjal. Dajjal merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang diutus untuk menguji keimanan umat muslim di muka bumi. Dajjal akan datang dengan membawa fitnah dan mengaku sebagi Tuhan.

Bagi manusia yang imannya lemah maka ia akan sebagi pengikut Dajjal dan akan menjadi penghuni Neraka. Namun sebaliknya jika iman kita kuat maka kita akan tertipu dan tidak akan menjadi pengikut Dajjal.

Siapa yang tidak merinding mendengar tentang fitnah Dajjal? Fitnah Dajjal merupakan fitnah terbesar semenjak Allah Ta’ala menciptakan Adam sampai hari kiamat.

Pasti kita semua ingin terhindar dari fitnah tersebut bukan? ternyata dengan membaca surat Al Kahfi kita mendapatkan keutamaan terhindar fitnah Dajjal seperti  juga yang diriwayatkan dari Abu Darda’, bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang menghafal 10 ayat dari permulaan surat Al Kahfi, maka dia dilindungi dari Dajjal, yakni dari fitnahnya.”  

2. Mendapatkan ridho Allah SWT dan diterangi cahaya

Kita sebagai manusia pastinya selalu mengharapkan ridho dari Allah SWT, Pengertian ridho Allah SWT artinya mencari apa yang membuat Allah rela pada kita.

Manfaat mendapatkan ridho dari Allah salah satunya adalah menghindarkan diri kita dari perbuatan perbuatan yang tercela misalnya sifat dengki, su’udzon dan lain sebaginya.

Selain mendapatkan ridho dari Allah ternyata membaca surat Al Kahfi juga dapat memberi kepada kita penerangan seperti yang diriwayatkan Ibnu Umar radhiyallahu, berkata: Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

3. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

kita sebagai umat manusia sudah pasti tidak luput dari dosa. Entah itu dosa besar ataupun dosa kecil pasti akan tercatat. Namun, ternyata keutamaan selanjutnya dari membaca surat al- kahfi ialah diampuni dosanya.

Pada saat membaca surat Al Kahfi selain kita mengharapkan pahala dari Allah SWT akan tetapi ternyata membaca surat Al Kahfi juga mampu mengampuni dosa yang telah kita perbuat.

Dan bisa jadi inilah maksud dari disinari diantara dua jum’at. Karena nurr (cahaya) ketaatan akan menghapuskan kegelapan maksiat seperti yang terdapat dalam firman allah swt :

إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” ( Qs. Huud:114)

4. Dijaga dari gangguan setan

Syitan
Sumber:pixabay.com

Dan yang keempat keutamaan dari kita membaca surat Al kahfi ialah Dijaga dari gangguan setan. Setan merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan dari api untuk menganggu kita agar berbuat dosa.

Setan merupakan musuh nyata bagi kita terutama umat muslim dan setan tidak akan pernah berhenti mengganggu kita sampai hari kiamat. Kelompok setan berbeda beda dan begitu juga dengan tugasnya. Maka dari itu, Kita pasti nya selalu berdoa agar dijauhkan dari marabahaya atau gangguan apapun termasuk gangguan setan.

Namun sebagai orang yang beriman kita pasti terhindar dari gangguan apapun seperti yang tertera di didalam surat Ali Imran ayat 175 yang berbunyi:

إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَآءَهُۥ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

“Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman.” (Qs. Ali Imran: 175)

Baca Juga: Ibadah Qurban

Itulah keutamaan dari kita membaca surat al kahfi. Saya harapkan setelah kita membaca artiel ini semoga kita dapat memahami keutamaan dari kita membaca surat ini.

Maka dari itu, marilah kita senantiasa sempatkan waktu untuk membaca surat al-Kahfi dan selalu mendekatkan diri kita kepada Allah SWT serta selalu melakukan perbuatan yang mendapatkan ridho dari Allah SWT dan berpahala bagi kita.

Semoga artikel pada kesempatan ini dapat menjadi tambahan ilmu baru bagi kita semua dan bila ada kata yang kurang baik saya mohon maaf

Wassalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *