Tensimeter

Hipertensi dan 7 cara mudah mengatasinya

hipertensi
Source: pixabay.com

Selamat pagi semua … mungkin dari kalian ada yang baru mengenal atau bahkan menemukan blog ini. Karena blog ini merupakan blog baru yang akan menambah pengetahuan kalian semua.

Pada kesempatan ini kita akan memhas mengenai darah tinggi atau sering kita kenal dengan hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri lebih tinggi.

Pada kesempatan ini yang pertama kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang pasti pernah kita jumpai di kalangan masyarakat. Mungkin di sekitar kita bahkan ada yang pernah mengalaminya baik keluarga ataupun saudara bahkan kerabat kita.

Sebagian besar penyakit mematikan yang ada di Indonesi ialah darah tinggi karena penderita darah tinggi tampa sadar bahwa ia ternyata telah terkena darah tinggi bila ia tidak sering mengecek tekanan darah.

Memiliki hipertensi sangat merugikan bagi tubuh kita sendiri dan bisa berdampak serius terhadap kesehatan kita seperti terkena resiko serangan jantung, stroke, hingga bahkan kematian.

Di Indonesia banyak yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyebab yang paling rentan terkena hipertensi ialah seseorang yang sering merokok, meminim minuman keras, faktor usia atau bahkan memakan makanan yang tidak sehat dan masih banyak penyebab yang lainnya.

Tekanan darah ialah seberapa kuat jantung kita dalam memompa darah untuk seluruh tubuh. Dan tekanan darah dikatakan tinggi jika berada di atas tekanan darah normal yaitu diatas 130 / 80 mmg.

Maka dari itu, kita harus selalu membiasakan pola hidup sehat mulai dari pola tidur yang teratur, berolahraga serta memakan makanan yang bersih dan sehat yang berkhasiat bagi tubuh dan yang pasti makanan dapat menurunkan tekanan darah.

Saya harapkan setelah kalian membaca artikel dari saya ini mudah mudahan kita semua senantia dapat mencegahnya dan selalu membiasakan hidup sehat dan selalu mewaspadai serta menjaga kestabilan darah darah dalam batas normal.

Dengan demikian, kali ini kita akan membahas mengenai makanan apa saja yang mampu menurunkan atau menormal kan darah tinggi (hipertensi).

Berikut Merupakan makan yang mampu menurunkan hipertensi :

1. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang kita semua pasti pernah memakannya Selain harga nya yang relatif murah dan banyak ditemukan di pasar atau warung sekitar. Mentimun juga sering dijadikan es bahkan tumis atau bahkan masakan lainnya.

Selain itu, Ternyata mentimun juga sangat berguna untuk membantu kita menurun tekanan darah tinggi, selain kaya akan serat yang berfungsi meminimalkan kolesterol yang ada di tubuh kita mentimun juga dapat mengatur tekanan darah sehingga tidak sampai naik sehingga kemungkinan kecil kita terhindar dari darah tinggi, mentimun juga mengandung magnesium, kalium, serat, dan tinggi air yang semua itu sangat berguna bagi tubuh.

2. Pisang

Selain mentimun, ternyata pisang yang merupakan buah yang dikenali oleh banyak orang selain rasa nya yang berneka macam. Biasanya orang mengenal buah ini untuk melancarkkan pencernaan.

Selain harga nya yang murah pisang juga mudah ditanam oleh setiap orang sehingga mudah didapatkan. Pisang mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan kadar kalium dan potassium selain itu pisang juga mampu menyeimbangkan garam dalam tubuh. Maka bagus sekali bagi kalian yang sering mengonsumsi buah ini.

Baca Juga : Manfaat sereh

3. Mengkudu

Mengkudu atau morinda citrifolia atau mungkin bahkan yang kita kenal dengan pace merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat salah satunya ialah menurunkan tekanan darah tinggi.

Memang buah ini memiliki bau yang sangat tidak sedap namun buah ini dapat menurunkan hipertensi karena didalam buah mengkudu tersebut terdapat senyawa scopletin yang juga untuk obat anti bakteri, anti virus bahkan obat cacing. Selain buahnya yang bermanfaat ternyata daun dari pohon mengkudu ini juga dipercaya ampuh mengobati sakit perut dan sangat munjarab.

4. Melon

buah melon
Source: pixabay.com

Melon atau  Cucumis melo L merupakan buah yang tidak asing bagi setiap manusia selain rasanya yang sangat segar. Buah ini juga dapat dijadikan es atau bahkan langsung dimakan juga enak. Ternyata melon juga mengandung potassium yang mampu menurunkan darah tinggi dan memperlancar peredaran darah.

5. Bayam

Bayam merupakan tanaman sekitar yang sering kita jumpai. Selain sebagai peningkat energi dan mudah didapat, ternyata bayam juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

6. Jeruk

Jeruk
Source: pixabay.com

Selain kaya akan vitamin C yang yang berguna untuk tubuh terutama mencegah kulit keriput, jeruk ternyata juga mampu merunkan darah tinggi karena mengandung antioksidan yang juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Strawbery

Selain warnanya yang menggoda dan memiliki rasa yang asam asam manis ternyata buah yang satu ini juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi lhoo…. karena dalam buah strowbery terdapat antosianin yang berfungsi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. sehingga membuat peredaran darah kita menjadi lancar.

Itulah berbagai jenis buah-buahan yang mampu menurunkan hipertensi. selain harganya yang murah ternyata juga mudah didapatkan disekitar kita. Selain makan-makanan tersebut juga harus diimbangi dengan berolah raga secara teratur dan hindari minumam berakohol.

Namun selain mengonsumsi buah diatas kita juga harus selalu mewaspadai makanan yang malah bisa membuat darah tinggi kita naik lho… karena nantinya malah bisa membuat penyakit yang lebih berbahaya atau serius. Berikut makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi

Dan yang kami harapkan setelah kalian membaca ini mampu untuk selalu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan sesering mungkin untuk mengecek tekanan darah di klinik, puskesmas atau bahkan di rumah sakit terdekat agar tekanan darah tetap terjaga serta buang pikiran negatif yang dapat membuat kita menjadi stress.

Mungkin itu yang dapat saya bagikan kepada kalian dan semoga bermanfaat dan dapat membantu dan jika masalah berlanjut konsultasilah ke dokter atau medis.

sekian Terimakasih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *