Kejujuran

5 Pentingnya jujur dalam kehidupan

jujur dalam perbuatan
Sumber:pixabay.com

Assalamu’alikum wr.wb

Hallo sahabat beriman…

Tuhan menciptakan beribu ribu bahkan beratus ratus manusia yang memiliki karekter berbeda beda dengan tujuan agar antara satu sama lain saling mengetahui mana sifat yang wajib di ikuti dan tidak. Sifat terpuji di dunia ini sangatlah banyak diantaranya kejujuran, taat kepada allah saling berbagi dan masih banyak lagi.

Setiap dari kita pasti mengharapkan kebahagiaan yang akan mengantarkan kita kelak ke surga Allah SWT. Dan pada kesempatan ini kita kan membhas mengenai salah satu sifat terpuji yaitu jujur. Siapa yang tidak mengenal sifat jujur? Sifat jujur sudah jarang kita dijumpai dikalangan keluarga, sekolah hingga masyarakat.

Jujur adalah suatu sifat positif yang berarti mengatakan/melakukan suatu perbuatan sesuai dengan kenyataan sebenarnya atau kesesuaian ucapan antara hati nurani dengan kenyataan/realita. Sedangkan lawan dari sifat jujur yaitu dusta.

Seseorang yang mempunyai sifat tersebut pastinya dapat dipercaya bila diberi amanat. Sifat tersebut merupakan sifat yang disenangi banyak orang. Dan kejujuran juga akan menyelesaikan masalah.

Allah pun menyukai orang yang berbuat salah lalu mengakui kesalahannya dengan berkata jujur. Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA ia berkata “Rasullalah SAW bersabda : Wajib atasmu berkata jujur, karena jujur itu bersama kebaikan, dan keduanya di surga. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena dusta itu bersama kedurhakaan, dan keduanya di neraka.” [HR. Ibnu Hibban di dalam sahihnya ]

“Maka kata nabi SAW lazimi kejujuran walaupun depan mata kalian kehancuran dan jauhi kebohongan walaupun depan mata kalian keberhasilan”


Allah SWT berfirman didalam QS.at-taubah 119:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَكُونُوا۟ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ


Artinya:”Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar ( Jujur )”

Kejujuran sangatlah mudah diucapkan namun hanya sedikit orang yang dapat melakukan nya, meskipun kejujuran susah dan berat ditegakkan namun harus dilaksanakan seperti yang terdapat didalam sabda Rasulullah Saw :


قُلِ الْحَقَّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا


Artinya : “katakanlah yang benar, walaupun itu pahit” ( HR. Ahmad).


Kita sebagai umat Islam diperintahkan supaya tidak menjadi seorang penakut dan pengecut. Karena sifat tersebut dapat membawa kita kepada kegagalan dan kekalahan.kita sebagai umat Islam harus memiliki sifat keberanian untuk menegakkan kebajikan. Seperti yang terdapat pada QS. Ali Imran ayat 139 yang berbunyi :


وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ


Artinya : Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Baca Juga: 5 Amalan Pembuka Rezeki


Didalam Al-Qur’an pun disebutkan bahwa orang jujur akan memperoleh nikmat besar dan akan dijamu oleh Allah SWT bersama para nabi, shiddiiqiin dan orang orang salah seperti yang disebutkan dalam Surat An-Nisa ayat 69 :

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ ٱلنَّبِيِّۦنَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَٱلصَّٰلِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُو۟لَٰٓئِكَ رَفِيقًا

Artinya: Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

Bagaimana menyenangkan bukan menjadi orang jujur?

Jika kita melakukan perbuatan baik pastinya memberikan keuntungan bagi kita sendiri karena semua perbuatan yang kita perbuat akan kembali kepada diri kita sendiri.

Seperti halnya kita melakukan perbuatan jujur pastinya akan membawa keuntungan bagi kita. Berikut merupakan keuntungan kita melakukan perbuatan jujur :

  1. Mempermudah rezeki dan segala urusan nya.
  2. Dicintai Allah SWT dan Rasullnya.
  3. Mendapatkan kebahagian di Akhirat.
  4. Selalu mendapatkan berkah dimanapun dan kapanpun.
  5. Selamat dari azab dan bahaya.

Selain itu, ternyata jujur juga dibedakan menjadi 3 yaitu :

  1. Jujur dalam niat atau berkehendak
    Artinya yaitu perilaku mulia yang kita telah niatkan dari awal sebelum kita melakukan sesuatu.

2. Jujur dalam ucapan
Memberikan informasi dengan cara berbicara sesuai fakta atau realita yang terjadi sesungguhnya.

3. Jujur dalam perbuatan
Melakukan perbuatan sesuai dengan haliriah dan batiniah yang sesungguhnya.

Selain lima manfaat diatas dijamu bersama para nabi dan orang salah juga merupakan hadiah kita dari Allah atas perilaku jujur yang kita miliki. Setelah membaca artikel diatas ternyata memiliki sifat jujur mendapatkan banyak manfaat.

Maka dari itu, marilah kita berfikir sejenak apakah diri kita ini sudah menjadi pribadi yang jujur dalam hal apapun? Jika belum marilah kita membiasakan diri untuk bersifat jujur karena jujur itu harus senantiasa dibiasakan agar terbiasa.

Memiliki sifat jujur sangatlah penting dan akan mendapatkan ketenangan didalam hatinya. Dan kejujuran akan membimbing kita kepada amal kebaikan dan pada akhirnya amal kebaikan tersebut akan membawa kita kepa surga Allah SWT.

Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jika ada kata yang salah dan menyakiti hati saya sebagi penulis minta maaf yang sebesar besarnya.

Wasalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *