shopee

Waspada !! Penipuan Mengatasnamaakan shopee

shopee
Sumber:sekilaspengetahuan.com

Hai sahabat semua….

Pada kali ini saya akan membagikan sebuah cerita serta membagikan tips tentang penipuan yang mengatasnamankan shopee

Siapa sih yang disini tidak mengenal shopee? Shopee merupakan marketplace terbesar selain Tokopedia, bukalapak dan masih banyak lagi. Di zaman milenial ini kita telah dipermudah oleh internet dengan bisa belanja online dari rumah apalagi pada masa pandemi seperti ini.

Melakukan pembelanjaan di shopee tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja ternyata banyak anak anak yang telah mengenal bahkan belanja di shopee. Karena banyak yang mengatakan bahwasanya belanja di online shop lebih murah dan produk yang didapatkan juga sama seperti belanja di toko.

Belanja online juga cukup mudah karena kita sebagai pembeli cukup memilih barang atau mencari produk di aplikasi tersebut yang sudah terdapat foto produk kemudian kita bisa langsung melakukan pemesanan dan bayar. Dalam proses pembayaran pun tidak akan mempesulit kita karena akan banyak pilihan pembayaran yang akan digunakan.

Namun, apakah kalian semua mengetahuai siapa pendiri shopee dan kapan shopee didirikan ? sebagian dari kita pasti tidak mengetahuinya pendiri shopee adalah Chris Feng yang merupakan pria kelulusan universitas di Singapura. Dan shopee di resmi hadir pada tahun 2015 di Singapura yang kemudian berekspansi ke Malaysia, Vietnam, Taiwan, Philipina, Thailand dan Indonesia.

Shopee sangat disukai oleh banyak orang dikarenakan banyak promo yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut dan vocher gratis ongkir sehingga menarik banyak orang yang untuk belanja di shopee. Selain itu dengan adanya iklan shopee di televisi dengan brand ambasador terkenal sehingga kita lebih yakin untuk belanja di aplikasi tersebut.

Dan di shopee pun sekarang ada fitur yang mempermudah kita dalam belanja namun bayarnya bulan depan dikarenakan kita belum punya uang atau belum gajian dan fitur tersebut dinamakan Shopepay Leter . Maka dari itu juga membuat banyak orang lebih menyukai nya karena kita dapat memesan barang dan membayarnya menunggu gajian.

Gimana menyenangkan bukan belanja online lewat shopee? Namun dibalik sebuah kepopuleran pasti ada yang mengambil kesempatan untuk tindak kelicikan dan menguntugkan pihak pribadi. Dan merugikan orang lain dan membuat jelek nama perusahaan.

Jadi saya akan membagikan sedikit cerita saya tentang penipuan yang mengatasnamakan pihak shopee. Pada hari selasa 29 September 2020 kemarin pada saat sore hari sekitar pukul 16.00 WIB saya di spam telephone oleh penipu tersebut.

Penipu tersebut menelephone sebanyak 4 kali namun tidak saya angkat karena saya merasa terganggu akhirnya saya angkat dan penelephon pun mengatakan kepada saya bahwa saya akan mendapatkan hadiah sebesar 2 juta rupiah.

Penipuan
Sumber:sekilaspengetahuan.com

Saya mendapatkan hadiah tersebut katanya karena saya sering malakukan pembelian di shopee dan penipu pun menawarkan pilihan kepada saya bahwasanya hadiahnya akan dikirimkan lewat rekening atau di top up in ke shopeePay. 

Dan saya pun bilang agar uangnya ditransfer saja ke rekening, Namun karean saya belum mempunyai rekening akhirnya saya beniat untu meminjamnya ke saudara. Dikareakan tidak diperbolehkan akhirnya saya meminta agar hadiahnya di top up in ke shopeePay saja.

Setelah itu, saya diminta agar membacakan kode rahasia yang dikimkan lewat WhatsApp oleh akun bisnis resmi milik shopee. Tanpa membaca terlebih dahulu isi pesannya saya pun langsung membacakan kode rahasia itu kepada penipu tesebut. Setelah itu, saya disuruh agar top up shopeePay sebesar 300 ribu untuk menjemput hadiah 2 juta tersebut.

Dikarenakan tidak mempunyai uang dan yang sudah sudah jika mendapatkan hadiah tetapi harus transfer terlebih dahulu merupakan penipuan akhirnya saya tidak menanggapinya dan penipu pun mendesak saya agar agar top up dengan cara meminjam uang terebih dahulu kepada tetangga tetapi saya tidak mau dan akhirnya telephone itu saya putus.

Setelah telephon berlangsung kurang lebih selama 30 menit saya pun langsung membuka aplikasi shopee milik saya. Setelah membukanya saya pun kaget karena aplikasi shopee memberi peringatan bahwa anda telah melanggar kebijakan.

Namun saya berusaha masuk dan akhirnya berhasil dan kemudian saya mengcek saldo Shopeepay milik saya yang tadinya masih 73 ribu sekarang hanya tersisa seribu rupiah.

Baca Juga : Cara Keluar Facebook dari Perangkat lain.

Setelah kejadian itu saya pun berfikir berarti benar itu penipuan dan saya pun masih bersyukur ntung saya tidak top up 300 ribu. Sebenanya nomor penipu itu sudah pernah menghubungi saya seminggu sebelum kejadian ini namun tidak saya tanggapi dan akhirnya pada hari selasa penipu pun berhasil menipu saya.

Saya merasa percaya karena pada saat itu foto profil penipu tersebut menggunakan foto kantor pusat shopee tapi ternyata ia seorang penipu yang mengatasnamakan shopee. Mungkin dari kalian ada yang pernah mengalami hal tersebut atau bahkan hampir tertipu? Dari cerita tersebut dapat banyak hikmah yang bisa kita ambil.

Berikut Tips mengatasi penipuan shopee :

Penipuan
Sumber:pixabay.com
1. Jangan terlalu senang dahulu

Semua orang pastinya ketika mendengan berita tentang hadiah pasti memiliki rasa senang bahkan sampai berlebihan meskipun berita itu benar atau tidak dan pasti kita akan melakukan apapun untuk mendapatkan hadiah tersebut sampai kita tidak sadar diri bahwa kita sedang ditipu oleh penipuan tersebut.

2. Jangan memberikan kode apapapun

Bagi pengguna aplikasi shopee pasti mempunyai kode rahasia masing masing kode tersebut merupakan kode yang pribadi yang tidak boleh diberitahukan kepada siapa pun termasuk karyawan shopee. Jika kita ditipu pasti yang ditanyakan yaitu kode rahasinya karena dengan kode tersebut ia dapat masuk kedalam akun kita dan ia akan melakukan semau mereka apa yang akan diperbuat.

Namun jika kita sudah terhipnotis atau tidak sadar pasti akan membacakan kode tersebut ke penipu walaupun kita sudah mengingatnya tetapi kita sebagai mahluk sosial pasti akan ada lupanya. Maka dari itu kita harus selalu waspada karena penipuan dapat dilakukan dimana pun tidak hanya di shopee.

3. Jangan mengisi saldo apapun

Mungkin dari kita ada yang sudah mengetahui bahwasanya ketika kita mendapatkan hadiah pasti tidak akan mengeluarkan apapun termasuk uang kepada pihak tersebut. Hanya biasanya kita disuruh untuk membayar ppn dari hadiah tersebut.

Jadi bagi kalian yang mendapatkan hadiah kemudian disuruh agar memberikan apapun entah itu untuk mengisi pulsa atau transfer kepada pihak tersebut guna untuk menjemput hadiah sebaiknya jangan kalian lakukan karena kita sebagai pemenang tidak akan dikenai apapun kecuali ppn.

4. Melaporkan kepada yang bersangkutan

Ada baiknya ketika kita ditipu kita melaporkan kepada yang bersangkutan misal pada shopee kita dapat melaporkan kejadian yang terjadi kepada diri kita dan kita akan ditanya bagaimana kronologinya dan akan diberi solusi mengatasinya penipuan tersebut .

Pada saat melapor kita sebaiknya mengatakan sejujurnya saja agar mereka paham dan secepatnya memberi solusi. Dan bagi kalian jangan khawatir lagi pada saat sedang melaporkan peristiwa ini karena kita berkomunikasi langsung dengan agen shopee jadi privasi kita akan tetap aman.

Setelah kita semua membaca pengalaman yang diatas semoga dapat mengispirasi dan memberikan pelajaran terhadap kita. Bahwa penipuan juga dapat dilakukan dalam hal apapun dan mengatasnamakan siapapun. Sebenarnya penipuan dengan mengatasnamakan pihak lain juga termasuk kedalam pencemaran nama baik.

Dan saya harap kita selalu berhati hati dan waspada serta jangan lupa berdoa kepada tuhan agar dihindarkan dari kejahan dalam bentuk apapun. Entah di dunia maya atau dunia nyata sudah banyak kasus seperti ini yang terjadi dan bentuknya pun berbeda beda.

Saya disini membahas penipuan yang mengatasnamakan shopee karena saya pernah mengalami sendiri bukan bermaksud menjelek jelek an.  

Mungkin hanya itu yang  dapat sampikan kepada kalian semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan serta terhindar dari penipuan dalam bentuk apapun dan mengasnamakan siapapun. Maka dari itu, kita harus menelaah berita yang kita dapat dan tetap tenang.

Semoga artikel ini bisa menjadi ilmu baru bagi kita semua.

Sampai jumpa pada artikel berikutnya…  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *